Muncul Bintik – Bintik Merah, Gejala Awal Pruritis

Hasil gambar untuk gejala pruritus

Go-dok.com

Kulit gatal adalah sensasi tidak nyaman dan mengiritasi yang membuat Anda ingin menggaruk. Juga dikenal sebagai pruritus (pro-RIE-tus), kulit gatal dapat disebabkan atau diperburuk oleh kulit kering. Ini umum terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, karena kulit cenderung menjadi lebih kering seiring bertambahnya usia. Kondisi ini dapat dikaitkan dengan sejumlah gangguan, termasuk kulit kering, penyakit kulit, kehamilan, dan jarang, kanker.

Gejala pruritis tergantung pada penyebab kulit Anda, mungkin terlihat normal, merah, kasar atau bergelombang. Menggaruk berulang dapat menyebabkan area kulit yang meninggi yang mungkin berdarah atau terinfeksi. Banyak orang merasa lega dengan tindakan perawatan diri seperti pelembab harian, menggunakan pembersih lembut dan mandi dengan air hangat. Bantuan jangka panjang membutuhkan identifikasi dan perawatan penyebab kulit gatal. Perawatan umum adalah lotion obat, dressing lembab dan obat anti-gatal oral.

Gejala Prusitis

Anda mungkin memiliki kulit gatal di area tertentu, seperti di lengan atau kaki, atau di seluruh tubuh Anda. Kulit gatal dapat terjadi tanpa ada perubahan nyata pada kulit. Atau mungkin terkait dengan :

  • Kemerahan
  • Benjolan, bintik-bintik atau lepuh
  • Kulit kering dan pecah-pecah
  • Kulit kasar atau bersisik

Terkadang rasa gatal berlangsung lama dan bisa menjadi sangat intens. Saat Anda menggosok atau menggaruk daerah itu, itu menjadi gatal. Dan semakin gatal, semakin Anda menggaruk. Memecahkan siklus gatal-gores ini bisa sulit.

Penyebab

Penyebab kulit gatal meliputi :

1. Kondisi kulit. 

Banyak kondisi kulit yang gatal, termasuk kulit kering (xerosis), eksim (dermatitis), psoriasis, kudis, luka bakar, bekas luka, gigitan serangga dan gatal-gatal.

2. Penyakit internal. 

Kulit yang gatal dapat menjadi gejala pruritis yang mendasarinya. Ini termasuk penyakit hati, gagal ginjal, anemia defisiensi besi, masalah tiroid dan kanker tertentu, termasuk multiple myeloma dan lymphoma.

3. Gangguan saraf.

 Kondisi yang memengaruhi sistem saraf seperti multiple sclerosis, diabetes, saraf terjepit, dan herpes zoster (herpes zoster) dapat menyebabkan gatal.

4. Penyakit kejiwaan. 

Contoh penyakit kejiwaan yang dapat menyebabkan kulit gatal adalah kecemasan, gangguan obsesif-kompulsif, dan depresi.

5. Iritasi dan reaksi alergi. 

Wol, bahan kimia, sabun, dan zat lain dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan gatal. Terkadang zat, seperti poison ivy, parasit atau kosmetik, menyebabkan reaksi alergi. Juga, reaksi terhadap obat-obatan tertentu, seperti obat nyeri narkotika (opioid) dapat menyebabkan kulit gatal.

6. Kehamilan. 

Selama kehamilan, beberapa wanita mengalami kulit gatal.

Siapa Yang Mengalami Pruritis ?

Siapa pun dapat terkena pruritis tetapi kelompok orang tertentu lebih rentan terhadap kondisi tersebut, termasuk :

  • Orang-orang dengan alergi musiman, demam, asma, dan eksim
  • Penderita diabetes
  • Orang dengan HIV / AIDS dan berbagai jenis kanker, terutama mereka yang leukemia atau limfoma
  • Wanita hamil
  • Orang tua

Bagaimana Pruritis Diobati?

Menemukan penyebab gatal dan mengobati penyakit kulit yang mendasarinya adalah langkah pertama dalam menyelesaikan pruritus. Jika dicurigai ada reaksi obat, beralih ke obat lain mungkin bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal. Namun, sebagian besar reaksi obat memiliki ruam bersamaan dengan rasa gatal.

Cara terbaik untuk mencegah pruritus adalah merawat kulit Anda. Untuk melindungi kulit, Anda bisa melakukan :

– Gunakan krim dan lotion kulit yang melembabkan kulit Anda dan mencegah kekeringan.

– Gunakan tabir surya secara teratur untuk mencegah kulit terbakar dan kerusakan kulit.

– Gunakan sabun mandi ringan yang tidak akan mengiritasi kulit Anda.

– Mandi dengan air hangat bukan air panas.

– Hindari kain tertentu, seperti wol dan sintetis, yang dapat membuat kulit gatal. Beralihlah ke pakaian katun dan seprai.

– Karena udara yang hangat dan kering dapat membuat kulit kering, pertahankan termostat di rumah Anda dan gunakan pelembab udara.

– Untuk menghilangkan rasa gatal, letakkan waslap atau es di area yang gatal, sebaiknya tidak menggaruk.

Sumber :

www.mayoclinic.org 

www.webmd.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>